Pages

Selasa, 25 November 2014

Sumber Daya Hewani Kota Boyolali



1.     Sapi :  

      ialah salah satu potensi sumber daya hewani yang dimiliki oleh kota Boyolali. Dan salah satu sentra penghasil / peternak hewan sapi salah satunya terdapat di desa Winong, Boyolali Winong adalah desa di kecamatan Boyolali, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Di desa ini berdiri pabrik pengolahan susu yang dikelola oleh Indomilk dan GKSI, digunakan untuk menampung dan memproses susu yang dihasilkan oleh peternakan sapi perah yang banyak terdapat di wilayah Boyolali sebagai salah satu sentra sapi perah di Jawa Tengah. Usaha peternakan sapi perah diusahakan oleh petani dengan rata populasi 2-5 ekor per keluarga, memang idealnya dengan kepemilikan 10 ekor sapi produksi itu baru bisa efisien. Di sini diharapkan peranserta pemerintah dalam penyediaan dana pinjaman lunak untuk petani dalam menambah populasi sapi produksi.
 Di samping peternakan sapi juga terdapat peternakan ayam ras baik petelur maupun pedaging, yang tidak hanya menghasilkan telur dan daging untuk konsumsi sebagai sumber protein hewani yang murah, juga menghasilkan kotoran ayam yang dimanfaatkan untuk pupuk organik bagi usaha pertanian di daerah sekitarnya. Dengan keberadaan peternakan ayam ini juga bisa mengurangi angka pengangguran karena banyak yang dilibatkan sebagai tenaga kerja.

2.     Lele :

       lele merupakan sumber daya hewani yang ada dan merupakan sumber potensi perekonomian untuk penduduk boyolali khususnya yang berada di kecematan sawit

Kampung Lele
kampung lele terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit. Kampung lele merupakan usaha kementrian perikanan Indonesia untuk memenuhi target 2015 sebagai penghasil perikanan terbesar. Pembudidayaan ikan lele di Kampung Lele dianggap berhasil memberikan kontribusi bagi ketahanan pangan baik lokal (Boyolali,solo Yogyakarta) maupun nasional. Bahkan keberhasilan pembudidayaan ikan lele di kampung lele tidak hanya dikenal di skala nasional, melainkan hingga kawasan Asia Tenggara.

desa Tegalrejo dicanangkan menjadi KAMPUNG LELE oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto, Juni 2006, kemudian dikunjungi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007.

WISATA KAMPUNG LELE.
selain sebagai perikanan, Desa Tegalrejo(kampung lele) juga menyediakan jasa WISATA yakni berupa wisata melihat langsung proses pembibitan, pemberian makan, hingga memanen ikan lele (bisa juga merasakan memanen ikan lele secara langsung), mengunjungi tempat pembuatan abon, kripik dan rambak yang semuanya dari ikan Lele.
        Ini komoditi Hewani  unggulan kota Boyolali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar