Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang
lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut
naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama
sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk
berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang
bernama We Cudai. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal
Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi
Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah
layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang,
umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah
sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang
dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang
bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
2. Barque Sedov
Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov. Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov. Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
3. Royal Clipper
Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.
Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.
4. Preussen
Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.
Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand Magellan.
Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand Magellan.
6. Thomas W. Lawson
Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.
Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.
7. KRI Dewaruci
ini den kapal kebanggaan indonesia,Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri
8. Kapal Hantu Flying Dutchmanini den kapal kebanggaan indonesia,Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri
Kisah Kapal Hantu Flying Dutchman ini merupakan salah satu kisah yang sangat terkenal dan telah melegenda di seluruh dunia . Sudah banyak buku ditulis dengan mengangkat cerita legenda ini, bahkan dalam film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) dan Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) kapal hantu ini juga ikut dimunculkan.
Tapi, entah nyata atau tidaknya kisah ini aku juga belum tahu, atau mungkin masih sama dengan legenda-legenda lainnya yang dianggap hanya sebatas cerita karang/dongeng turun-temurun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar